Always Share and Build Forever

Prospek Budidaya ayam Bangkok

//
Berbicara mengenai ayam aduan, mungkin pembaca akan teringat legenda dan mitos masa lalu. Berbagai cerita tentang Cinde laras, Kamandaka dan Kinantan seringkali memperlihatkan bahwa sabung ayam merupakan kegemaran masyarakat. Namun dalam perkembangan selanjutnya arena sabung ayam justru digunakan sebagai sarana perjudian. Dengan kata lain, ayam sengaja dipelihara hanya untuk diadu dan dipertaruhkan.
Lalu bgaimana dengan nasib ayam bangkok di jaman sekarang?khusunya setelah pemerintah melarang segala bentuk perjudian. Zaman memang berubah dan pemikiran manusia pun menjadi semakin maju. Sekarang ini, memiliki ayam bangkok bukan hanya untuk kegemaran dan kebanggan saja, tetapi telah berkembang menjadi lahan bisnis yang prospektif. Permintaan masyarakat terhadap ayam bangkok ini semakin hari semakin meningkat, seolah-olah tidak ada tanda-tanda kejenuhan. 

banyak peternak yang mulai memelihara dengan baik dan benar, artinya mereka bukan hanya sekedar memelihara tetapi sudah menjurus ke arah budidaya. Tujuan peternak membudidayakan ayam bangkok ini tentu saja beda dengan membudidayakan ayam ras ataupun ayam buras.

Apa pun jenis ayam yang dipelihara, peternak diharapkan selalu memperhatikan beberapa faktor penting dalam usaha peternakanya. Faktor-faktor tersebut meliputi:

  1. Pembibitan (breeding). Jadi memelihara ayam yang bagus atau biasa biaya yang dibutuhkan aakan sama, jadi sebaiknya jika memang ingin menekuni bidang ini sebaiknya mencari indukan yang berkualitas.
  2. Pemberian Pakan (feeding). Peternak harus mengetahui kebuthan pakan untuk ayam bangkok ini dalam berbagai umur. Hal ini bisa di pelajari dari buku-buku yang ada.
  3. Tatalaksana (manajemen).

Ketiga faktor ini merupakan satu-kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Apa artinya pembibitan dijalankan dengan baik, jika pakan dan tatalaksana diabaikan. Demikian juga sebaliknya, kalaupun pakan yang diberikan mempunyai mutu dan melalui metode pemberian yang benar, tetapi apabila tidak disertai dengan pembibitan dan tatalaksana yang baik, usaha ini tentu tidak akan berhasil.

semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s