Always Share and Build Forever

Penyebab Koneksi Lambat

Memahami penyebab melambatnya koneksi pada jaringan komputer sangat diperlukan. Karena dengan memahami penyebabnya, tentu akan mudah menemukan jalan untuk mendapatkan solusinya.

Melambatnya koneksi bisa disebut sebagai congestion yaitu suatu keadaan dimana lalu lintas data terlalu padat sehingga terjadi perlambatan arus. Hal ini bisa kita analogikan dengan sebuah jalan yang sempit namun banyak kendaraan yang harus lewat dalam satu waktu.

Penyebab congestion dalam lalu lintas jaringan adalah sebagai berikut:

  • Terlalu banyak host dalam sebuah broadcast domain. Host artinya alat yang terhubung ke jaringan yang bisa menerima dan mengirimkan informasi dari dan ke alat lainnya dalam jaringan tersebut. Broadcast domain adalah kumpulan dari alat-alat di sebuah segmen jaringan yang (harus) menerima paket broadcast yang dikirim oleh alat-alat yang lain dalam segmen jaringan tersebut.
  • Broadcast storm. Terjadi karena semua alat mengirimkan paket broadcast ke seluruh alat-alat yang lain melalui jaringan. Semakin banyak host maka semakin besar potensi broadcast storm.
  • Multicasting. Jika dalam satu jaringan terdapat banyak komputer dimana setiap komputer mengakses beberapa halaman web bervolume tinggi dalam satu waktu yang sama maka besar kemungkinan akan terjadi congesti
  • Bandwith yang kecil. Jalur yang kecil akan membuat lalu lintas jaringan akan mudah padat jika dilewati oleh banyak data dalam satu periode.

Beberapa hal di atas lah yang menjadikan koneksi anda lambat. Jika terjadi koneksi lambat berarti minimal satu dari beberapa hal di atas telah terjadi. Solusi yang bisa diambil adalah:

  1. Melakukan segmentasi jaringan, karena kita tidak mungkin mengurangi komputer yang harus terkoneksi ke jaringan jadi langkah rasional yang bisa dilakukan adalah membagi beberapa host-host ke dalam beberapa segmen jaringan tersendiri.
  2. Memperbesar bandwith

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s