Always Share and Build Forever

Tunnel dan VPN dengan MikroTik

Selanjutnya mari kita lanjutkan sek sharing mengenai tunnel dan VPN, kali ini saya akan membahas seputaran EOIP, EOIP merupakan protokol yang digunakan untuk membuat terowongan (tunnel) menggunakan interface ethernet antara 2 buah router. syaratnya konfigurasi bridging harus aktif, maka lalu lintas data dalam jaringan akan di arahkan menggunakan EOIP kemudian akan dilanjutkan melalui koneksi IP address yang digunakan router tersebut.


Ethernet Over IP (EOIP)

EOIP dengan bridging merupakan 2 konfigurasi yang saling terkait, jadi harus diset bersamaan, EOIP tanpa bridging tidak bisa tapi jika briding tanpa EOIP bisa (briding lainnya),pada konfigurasi di atas jika lan tidak di bridging dengan EOIP maka jika di trace masih lewat ip public, jika di bridging ke EOIP maka akan langsung lewat ip tunnelnya. karena di konfigurasi eoip terdapat paramater tunnel id dan remote address ini merupakan parameter yang membuat koneksi tunnel berjalan.

Aplikasi yang cukup banyak menggunakan bantuan protokol tunneling ini adalah untuk menggabungkan jaringan-jaringan lokal yang terpisah secara jarak kemudian akan dihubungkan kembali dengan protokol yang sudah ada supaya dapat berkomunikasi.

Berikut gambar konfigurasi jaringan L2TP

Selanjutnya saya kasih juga, gambar konfigurasi PPPoE, iki lhoo gambare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s